Sabtu, 25 Juli 2020

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERTEMA KEARIFAN LOKAL SIKKA “KULA BABONG”



Pembelajaran di kelas pada dasarnya menjadikan peserta didik sebagai seorang pembelajar
https://www.google.com/search?q=animasi+bermusyawarah&safe=strict&sxsrf=ALeKk03eUcOOQaYBo1O_6iyG-fwnoRZAlQ:1595678490421&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjul-PMrejqAhWGXisKHXEBBhcQ_AUoAXoECAwQAw&cshid=1595678691525135&biw=1366&bih=608#imgrc=msBWjbpMlCLjIM
Kulababong 
. Seorang pembelajar yang berhasil adalah seseorang yang belajar secara sadar dengan memanfaatkan berbagai potensi, baik yang berada di dalam dirinya maupun yang berada di luar dirinya. Cita-cita (idealism), minat (interest), dan motivasi (motivation) harus difokuskan untuk mencapai tujuan. Selain itu, pengalaman (experience) dan budaya (culture) harus dapat diikatsatukan untuk pencapaian tujuan dimaksud.

Unsur budaya dimaknai sebagai kearifan lokal yang berisi ajaran hidup. Kearifan lokal dimaksud diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, nilai-nilai kearifan lokal tersebut semakin dilupakan. Untunglah para peneliti berusaha meneliti dan menemukannya kembali di antaranya melalui penemuan para arkeolog. Hal ini sejalan dengan Ginanjar (2018) yang mengatakan bahwa sajian informasi tentang kemasalaluan yang disampaikan para arkeolog kepada publik sebaiknya tidak hanya menarik untuk para arkeolog saja, tetapi juga dapat memotivasi pikiran dan emosi publik sehingga menimbulkan sikap dan perilaku yang positif terhadap cagar budaya. Dengan demikian, nilai-nilai yang terkandung dalam cagar budaya tersebut dapat diaplikasikan dalam hidup manusia termasuk para peserta didik.
Cagar budaya dimaksud dapat berupa materi (benda yang tampak mata) maupun imateri (ajaran/perilaku hidup yang tak tampak mata). Salah satu ajaran hidup yang terdapat di Kabupaten Sikka adalah kula babong. Menurut Owon (2017) kula babongmerupakan prosespencarian mufakat terhadap penyelesaiansuatu hal/masalah melalui musyawarahdalam masyarakat Sikka. Prosespencarian mufakat ini biasanya dilakukandi dalam rumah, kamar utama. Kulababongbiasa dipimpin oleh orang yangpaling tua atau dituakan di dalam rumahatau suku tertentu. Prinsip-prinsip kula babong yang demikian dapat diadopsi dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Selengkapnya, silakan download di bawah ini! Atau Klik di sini

4 komentar: